Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Mencapai Efek Starburst Sempurna

Menambahkan efek Starburst ke gambar Anda adalah cara yang bagus untuk membumbui sesuatu dan benar-benar menarik perhatian pemirsa Anda.

Melihat seberkas cahaya melalui foto Anda adalah salah satu trik yang paling menyenangkan untuk dilakukan, terutama jika Anda belum benar-benar melakukan hal semacam ini sebelumnya. Sementara beberapa program perangkat lunak memungkinkan Anda melakukan ini di komputer Anda, keajaiban sebenarnya datang ketika Anda melakukannya dengan mengetahui cara menggunakan kamera Anda.

Langkah 1: Temukan sumber cahaya

Menciptakan efek starburst tidak sulit. Tapi itu memang membutuhkan sedikit pelatihan dan latihan untuk melakukannya. Anda perlu beberapa dasar untuk memulai:

Pertama, Anda membutuhkan sumber cahaya yang terang, seperti matahari. Lampu jalan atau senter yang sangat kuat akan bekerja juga, tetapi matahari itu baik karena selalu tersedia dan tidak memerlukan biaya untuk menggunakannya.

Jika Anda tidak keberatan memotret di malam hari , Anda bisa mendapatkan efek starburst dengan cukup mudah dengan lampu jalan atau sumber cahaya lainnya. Namun, foto malam hari mungkin tidak terlihat menarik atau menarik secara visual seperti foto matahari.

Ironisnya, Anda juga membutuhkan sesuatu untuk menghalangi sebagian besar matahari. Ini karena matahari itu sendiri terlalu besar dan terang untuk memberi Anda bidikan starburst yang baik; hanya sepotong cahaya saja yang Anda butuhkan. Bangunan dan pohon berfungsi dengan baik, tetapi apa pun yang Anda gunakan tidak boleh terlalu jauh. Jika benda yang menghalangi matahari terpisah dari Anda dengan jarak yang terlalu jauh, Anda tidak akan mendapatkan efek Starburst.

Langkah 2: Pilih aperture kecil

Sejauh kamera Anda berjalan, satu-satunya pengaturan yang paling penting adalah aperture Anda.

Untuk mendapatkan ledakan bintang yang baik, apertur Anda harus kecil, seperti f / 11 atau f / 16. Ini berarti Anda akan memerlukan kamera dengan kontrol apertur, seperti DSLR atau sistem tanpa cermin. Hampir semua ponsel menggunakan lubang lebar dan sangat sedikit di antaranya memungkinkan Anda memiliki kendali atas lubang sama sekali.

Jadi jika Anda ingin melakukan efek starburst keren di dalam kamera, Anda akan membutuhkan kamera khusus dan bukan hanya telepon.

Langkah 3: Atur untuk pemotretan starburst Anda

Pengaturan dasar untuk foto efek starburst juga cukup sederhana dan bekerja paling baik ketika matahari lebih rendah di cakrawala selama pagi atau sore hari . Anda dapat melakukannya di waktu lain, tetapi sedikit lebih sulit untuk menemukan objek yang mengaburkan matahari ketika langsung di atas kepala.

Untuk mencapai efek starburst, posisikan diri Anda sehingga matahari tidak aktif di kejauhan dan objek yang mengaburkannya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Kemudian atur aperture Anda ke f / 11, arahkan kamera Anda ke arah cahaya, dan ambil gambar.

Berhati-hatilah untuk tidak mengarahkan kamera langsung ke matahari penuh, karena dapat merusak sensor atau mata Anda. Hanya sedikit sinar matahari dan celah kecil yang Anda butuhkan.

Langkah 4: Lakukan percobaan dengan berbagai pengaturan

Jika objek yang Anda gunakan untuk menghalangi sebagian besar matahari terlalu jauh, efek starburst akan jauh lebih sulit untuk dicapai. Dalam bidikan di bawah ini, Anda hampir tidak bisa melihat titik-titik cahaya yang berasal dari tempat matahari mengintip di atas awan. Ini halus dan dapat bekerja jika sesuai dengan sasaran komposisi Anda untuk gambar, tetapi saya tidak menemukan bidikan seperti ini hampir sama menyenangkannya dengan gambar starburst lainnya.

Ada banyak hal kreatif yang dapat Anda lakukan ketika mulai bereksperimen dengan starburst. Pada gambar di bawah ini, matahari sedikit banyak dikaburkan oleh cabang pohon. Kerangka jangkrik terlihat baik-baik saja, tetapi foto tersebut tidak memiliki sesuatu yang menghalangi percikan visual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *