Kiat Pencahayaan Kreatif Menggunakan Barang Rumah Tangga

Pernah ingin membuat foto yang menarik tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk peralatan? Kemungkinannya adalah Anda sudah memiliki barang-barang rumah tangga biasa yang dapat memberikan foto Anda sentuhan pencahayaan kreatif untuk membuatnya meletup! Baca dan coba tip-tip ringan kreatif ini dengan menggunakan benda-benda yang sudah ada di rumah Anda.

Di hampir semua tips, saya menggunakan ponsel cerdas saya untuk menerangi subjek saya, yang juga merupakan item lain yang dapat Anda gunakan yang sudah ada di rumah Anda!

1. Bayangan dan pola

Untuk membuat bayangan dan pola di foto Anda, cobalah beberapa item berikut yang sudah Anda miliki di rumah. Buat pola titik dengan saringan. Pegang di bawah cahaya – itu bisa berupa senter atau cahaya alami di atas subjek Anda dan Anda akan melihat bagaimana bayangan terbentuk.

Lakukan percobaan dengan berbagai item dengan lubang serupa seperti spatula, parutan keju, atau keranjang cucian. Pegang item dekat dan jauh dari subjek Anda sampai Anda mendapatkan tampilan yang Anda inginkan! Cara mudah lain untuk membuat bayangan adalah dengan tirai di jendela Anda. Anda dapat menempatkan subjek di sebelah kerai dan mengarahkannya sehingga Anda mendapatkan pola yang diinginkan pada subjek Anda.

2. Filter warna

Menggunakan kertas transparan seperti plastik atau bahkan pelindung dokumen yang transparan dapat membantu Anda menambahkan gips warna ke foto Anda. Potong menjadi persegi atau lingkaran dengan diameter lensa Anda dan pegang masing-masing saat Anda mengambil foto. Anda juga dapat menggunakan selotip untuk menyimpannya di lensa saat Anda sedang memotret subjek Anda.

Lapisi warna atau letakkan di tepi lensa untuk membuat gips warna berbeda di foto yang sama. Cara lain adalah dengan meletakkan kertas berwarna di depan sumber cahaya Anda, seperti senter atau sinar matahari, untuk mencapai cetakan warna. Dengan cara ini Anda tidak perlu memiliki kertas di atas lensa Anda dan Anda dapat mencampur dalam berbagai warna dalam adegan.
Anda juga dapat menggunakan tablet, laptop, atau telepon untuk membuat gips warna juga. Coba dan bertujuan untuk memotret subjek Anda di tempat yang lebih gelap sehingga warna yang ditampilkan lebih sedikit. Tempatkan perangkat Anda dekat dengan subjek dan lihat bagaimana warna muncul pada subjek Anda. Pastikan kamera Anda stabil karena kurang cahaya akan menyebabkan lebih banyak guncangan kamera jika Anda menggunakan kecepatan rana lambat . Gunakan lensa cepat sehingga Anda tidak memiliki foto buram.

3. Membuat pelangi

Menggunakan CD lama dapat membuat cahaya pelangi saat dipantulkan. Gunakan ini untuk membuat pelangi menarik pada subjek atau latar belakang Anda. Anda dapat memiringkannya untuk mendapatkan efek yang berbeda.

Cara lain Anda dapat menggunakan CD untuk membuat cahaya yang menarik adalah dengan memotongnya dan menempelkannya ke papan poster atau karton dan menahannya ke arah cahaya seperti itu. Lihat cahaya kreatif macam apa yang bisa Anda dapatkan pada subjek Anda!
Cobalah menggerakkannya sehingga Anda dapat memiringkan pelangi sesuai keinginan Anda di foto. Berkreasilah dengan menempatkan pelangi untuk menyorot berbagai bagian pemandangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *