Cara Menangkap Foto Candid

Kebanyakan orang setuju bahwa momen adalah bagian terpenting dari sebuah foto.

Bahkan ketika Anda mencapai eksposur yang sempurna atau komposisi yang indah, Anda tidak merasa itu menebus momen yang hilang.

Anehnya, jika itu adalah momen yang baik, orang akan menikmati foto Anda terlepas dari kesalahan teknis seperti gerakan kabur atau kurang pencahayaan.

Anda mungkin telah memperhatikan seberapa besar interaksi foto teman Anda di media sosial. Ini bisa menjadi foto terburuk dari perspektif teknis (gelap, buram, salah fokus) dan orang-orang akan bertindak seperti itu adalah foto terbaik yang pernah mereka lihat. Sangat menakjubkan! Sebagai seorang fotografer Anda mengerang karena Anda melihat semua kesalahan. Tapi kemungkinan mereka menangkap momen yang bagus. Dan momen yang baik itu menaungi segalanya.

Sebagai fotografer (amatir atau profesional) kita dipanggil ke standar yang lebih tinggi. Kami tidak hanya peduli dengan momen, tetapi dengan aspek teknis juga.

Mengingat betapa pentingnya momen itu, mari kita fokus pada hal itu. Dan mari kita fokus secara khusus pada momen spontan atau terang.

Seringkali, foto jurnalistik dan fotografi gaya hidup sangat bergantung pada momen-momen candid. Seperti halnya fotografi jalanan , perjalanan , dan margasatwa .

Untuk mengabadikan momen candid yang baik, Anda harus mempelajari dua keterampilan penting:

  1. Kemampuan untuk melihat peristiwa masa depan sebelum terjadi
  2. Ketahui “pengaturan kamera” yang tepat untuk menangkap peristiwa itu

Dibutuhkan beberapa latihan, tetapi belajar untuk melihat masa depan tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Bagaimana cara melihat masa depan

Pada awalnya, mungkin terasa seolah-olah Anda tidak memiliki kendali atas momen. Semuanya kacau dan Anda tidak tahu kapan suatu saat akan terjadi. Tetapi dengan latihan, Anda akan merasa seperti Anda benar-benar memiliki banyak kendali atas momen spontan.

Untuk mengabadikan momen candid yang baik, Anda harus dapat melihat masa depan. Melihat masa depan berarti mengembangkan kemampuan untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi sebelum itu terjadi.

Beberapa hal mudah diantisipasi karena sangat dapat diprediksi. Matahari terbit dan terbenam setiap hari. Jika Anda ingin foto matahari terbit yang bagus, Anda tahu persis kapan itu akan terjadi.

Tetapi bagaimana dengan mengantisipasi saat-saat yang kurang dapat diprediksi? Anda tidak tahu persis kapan badai akan muncul atau bagaimana bentuknya. Jika Anda ingin memotret badai, Anda harus memperhatikan bagaimana mereka berperilaku sepanjang musim. Tempat tinggal saya, sangat jarang mengalami badai, tetapi Anda bisa merasakannya di udara ketika seseorang datang.

Masih hal-hal lain, seperti orang, tampaknya sama sekali tidak dapat diprediksi. Ambil balita misalnya. Siapa yang tahu apa yang akan mereka lakukan setiap saat?

Tetapi bahkan sesuatu yang tampaknya acak dan kacau seperti perilaku balita dapat diprediksi. Hanya perlu sedikit lebih lama untuk memperhatikan polanya.

Pola adalah kunci untuk melihat momen sebelum terjadi.

Pola terjalin ke dalam budaya kita, hubungan kita dan kepribadian kita.

Perhatikan hal-hal yang Anda sukai untuk difoto, perhatikan polanya, dan perhatikan. Kemampuan Anda untuk mengantisipasi momen akan meningkat seiring waktu jika Anda mengamati dan berlatih secara teratur.

elajarlah untuk mengantisipasi momen dengan mencari pola. Setelah Anda dapat melakukan ini, Anda akan dapat melihat masa depan (yang memiliki manfaat di luar fotografi). Ketika Anda merasakan momen mendekat, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah menyela.

Momen candid apa itu?

Menyadari jenis momen akan membantu Anda melihatnya dengan lebih mudah.

Beberapa momen penuh dengan aksi, emosi, atau rasa misteri.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *